MOTIVASI BELAJAR, EFIKASI DIRI DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENGGERAK MANDIRI BELAJAR AKADEMIK SISWA UPT SD NEGERI 313 GRESIK

Penulis

  • Yustiana Nengseh Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nelud Darajaatul Aliyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya

Kata Kunci:

Pendidikan, Kemerdekaan, Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Penggunaan Media Sosial, KEmandirian Belajar

Abstrak

Abstrak: Pendidikan merupakan salah satu unsur kunci dalam membentuk perkembangan dan kemandirian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa di Unit Pelaksana Teknis Sekolah Dasar Negeri 313 Gresik. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 68 siswa yang dipilih secara acak. Proses pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada siswa yang menjadi sampel penelitian. Angket disusun untuk memperoleh informasi mengenai tingkat motivasi belajar, efikasi diri, dan penggunan media sosial kemandirian belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh. Analisis data menggunakan metode statistik yang tepat untuk mengidentifikasi pengaruh antar variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pemahaman lebih jauh mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa, khususnya dalam konteks pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri. Hasilnya motivasi belajar dan efikasi diri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kemandirian belajar siswa.

Abstract: Education is one of the key elements in shaping student development and independence. This research aims to analyze the influence of learning motivation and self-efficacy on student learning independence at the Technical Implementation Unit of State Elementary School 313 Gresik. Therefore, this research uses quantitative methods. The number of samples used in this research was 68 students selected randomly. The data collection process was carried out through distributing questionnaires to students who were the research samples. The questionnaire was prepared to obtain information regarding the level of learning motivation, self-efficacy, and students' use of social media, independent learning. Sampling was carried out randomly to ensure the validity of the data obtained. Data analysis uses appropriate statistical methods to identify the influence between the variables studied. It is hoped that the results of this research can contribute to further understanding of the factors that influence student learning independence, especially in the context of the influence of learning motivation and self-efficacy. As a result, learning motivation and self-efficacy have a significant influence on students' level of learning independence.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31