IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA UPT SD NEGERI 228 GRESIK
Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, AkhlakAbstrak
Saat ini, standar etika siswa sekolah dasar mulai memprihatinkan. Meski demikian, kekhawatiran tersebut dapat diatasi oleh para pengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di UPT.SD. Negeri 228 Gresik dan Bapak Murjaizin melalui penerapan pendidikan karakter pada jam pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Oleh karena itu, melakukan penelitian dan mendokumentasikan kejadian-kejadian khas di UPT SD Negeri 228 Gresik menjadi hal yang menarik. Memahami dan menganalisis efektivitas pendidikan karakter di UPT SD Negeri 228 Gresik dalam meningkatkan prinsip siswa menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian tersebut memakai metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, akhlak yang ditingkatkan dii UPT SD Negeri 228 Gresik meliputi akhlak kepada guuru, kepadda orangtua, kepada teman dan kepada lingkungan. Kedua, pendidikan karakter yang nampak menonjol di UPT SD Negeri 228 Gresik adalah karakter religius, disiplin, bersahabat/komuniatif dan peduli lingkungan. Ketiga, faktor yang mendukung meningkatnya akhlak siswa adalah kebijakan pimpinan, teladan guru, pengawasan orang tua, pengaruh teman dan lingkungan sekitar. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah lemahnya kontrol siswa di luar sekolah dan kurangnya sikap kooperatif dari wali murid. Peneliti berharap kepada peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lebih mendalam tentang pendidikan karakter di sekolah dalam membentuk akhlak siswa.