PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF FILSAFAT AKSIOLOGI

Penulis

  • Thulus G. Syahbana Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hidayani Syam Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Psikologi Pendidikan Islam, Filsafat Aksiologi

Abstrak

Abstrak: Pada dasarnya psikologi pendikan mempelajari seluruh tingkah laku peserta didik yang terlibat dalam proses pendidikan. Dalam proses tujuan terjadinya perubahan tingkah laku anak didik atau peserta didik, tentu seorang guru harus bisa memahami tentang murid atau peserta didiknya. Salah satu caranya adalah dengan memahami ilmu psikologi. Dalam hal ini berkaitan dengan tentang memahami psikologi pendidikan terutama psikologi pendidikan Islam. Karena dalam dunia psikologi terdapat interaksi antara setiap manusia, dan masing manusia memilik masalahnya tersendiri. Aksiologi adalah kegunaan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia. Aksiologi berisikan kajian tentang nilai-nilai, khususnya etika. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan studi literatur (literature review) yaitu pada riset pustaka (library research). Hasil penelitian ini adalah salah satu tujuan mempelajari psikologi pendidikan adalah agar pendidik mampu mendeskripsikan, memahami, memprediksi, dan mengontrol perilaku peserta didik, dengan demikian pendidik dapat memberikan perlakuan yang lebih tepat. Psikologi pendidikan ialah cabang psikologi yang secara khusus mengkaji berbagai perilaku individu dalam kaitannya dengan situasi pendidikan. Sehingga di tinjau dalam pespektif filsafat aksiologi atau nilai guna suatu ilmu, psikologi pendidikan Islam sangat berguna untuk di miliki oleh seorang guru atau pendidik guna memahami dan mengetahui tentang peserta didik atau murid agar dapat memeberikan perlakuan yang lebih tepat.

Abstract: Basically, educational psychology studies all the behavior of students involved in the educational process. In the process of aiming to change the behavior of students or students, of course a teacher must be able to understand the students or students. One way is to understand psychology. In this case it is related to understanding educational psychology, especially the psychology of Islamic education. Because in the world of psychology there is interaction between every human being, and each human has its own problems. Axiology is the use of science for human life. Axiology contains the study of values, especially ethics. This research is library research using a literature review approach, namely library research. The results of this research are that one of the aims of studying educational psychology is so that educators are able to describe, understand, predict and control student behavior, so that educators can provide more appropriate treatment. Educational psychology is a branch of psychology that specifically studies various individual behaviors in relation to educational situations. So, when viewed from the perspective of axiological philosophy or the usefulness of a science, Islamic educational psychology is very useful for a teacher or educator to understand and know about students or students so that they can provide more appropriate treatment.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30