Peran Filsafat Dalam Pendidikan Islam

Penulis

  • Mardinal Tarigan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adhli Maulana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Shakila Putri Suhara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Filsafat, Pendidikan, Islam

Abstrak

Penelitian ini menginvestigasi peran filsafat pendidikan Islam sebagai aspek penting dalam konseptual pendidikan Islam. Filsafat pendidikan Islam dianggap sebagai elemen yang sangat ideal dalam mengembangkan pendidikan Islam, baik dalam dimensi akademik maupun karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif normatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi filsafat pendidikan Islam terhadap pengembangan pendidikan Islam secara menyeluruh. Fokus utama penelitian adalah untuk memahami bagaimana filsafat pendidikan Islam dapat memengaruhi dan memperkaya aspek akademik dan karakter peserta didik. Melalui pendekatan kualitatif normatif, penelitian ini melibatkan analisis mendalam terhadap konsep-konsep filsafat pendidikan Islam yang diakui dan diterapkan dalam lingkungan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran filsafat pendidikan Islam mampu memberikan landasan moral yang kuat dan nilai-nilai spiritual dalam pengembangan karakter peserta didik. Secara akademik, filsafat pendidikan Islam memberikan kerangka konseptual yang mendalam untuk memahami dan merenungkan pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum. Integrasi nilai-nilai filosofis meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, reflektif, dan mandiri. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa pendekatan kualitatif normatif memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran filsafat pendidikan Islam dalam membentuk tata nilai dan etika yang membimbing perilaku peserta didik. Aspek karakter seperti kejujuran, rasa tanggung jawab, dan toleransi dihasilkan melalui pemahaman filsafat yang terkandung dalam kurikulum pendidikan Islam.Hasil penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi pemahaman tentang peran filsafat pendidikan Islam dalam mengembangkan pendidikan Islam secara holistik. Implikasi praktisnya dapat digunakan sebagai dasar untuk perbaikan kurikulum pendidikan Islam yang lebih menyeluruh, mencakup aspek akademik dan karakter. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan lebih lanjut dalam bidang pendidikan Islam dengan menekankan pentingnya pemahaman filsafat sebagai pondasi integral untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang komprehensif.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31