STRATEGI WALI KELAS DALAM MENDIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK BINTANG HARAPAN BANGSA BINJAI

Penulis

  • Melly Triandani INSTITUT Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Melsa Claudia INSTITUT Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Lutfi Aliando Nasution INSTITUT Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Leny Marisca INSTITUT Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Kata Kunci:

strategi, wali kelas, anak berkebutuhan khusus

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh wali kelas dalam mendidik anak berkebutuhan khusus di TK Bintang Harapan Bangsa Binjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wali kelas menggunakan berbagai strategi yang meliputi pendekatan individualisasi, penggunaan metode pembelajaran multisensori, serta kolaborasi dengan orang tua dan ahli terapi. Pendekatan individualisasi dilakukan dengan menyesuaikan kurikulum dan metode pembelajaran sesuai kebutuhan setiap anak. Metode pembelajaran multisensori diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman anak melalui berbagai indra. Kolaborasi dengan orang tua dan ahli terapi bertujuan untuk memastikan konsistensi dalam penanganan dan pengembangan anak.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30