LITERATUR REVIEW PENGGUNAAN MEDIA ARTIFICIAL INTELLIGENCE PLATFORM CAPCUT TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Aniesya Octia Pasca Sarjana UIN Raden Intan
  • Koderi Pasca Sarjana UIN Raden Intan
  • Agus Jatmiko Pasca Sarjana UIN Raden Intan
  • Ihsan Mustofa Pasca Sarjana UIN Raden Intan

Kata Kunci:

Metode pembelajaran, Media pembelajaran, Capcut

Abstrak

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan mata pelajaran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari bagi umat Islam. Dalam proses pembelajaran PAI, diperlukan metode dan media pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memahami dan mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), penggunaan platform Capcut telah menjadi perhatian. Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa penggunaan Capcut dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi dan kemampuan mereka untuk menggunakannya. Dalam konteks pendidikan, Capcut digunakan untuk membuat video pembelajaran yang interaktif dan menarik, yang dapat meningkatkan motivasi siswa dan memudahkan penggunaan materi yang kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flatform Capcut dapat digunakan sebagai sarana belajar dan sebagai media pembelajaran pada pelajaran PAI dengan menggunakan konten edukatif sebagai strategi belajar yang menunjukkan respon positif sehingga peserta didik memiliki minat untuk belajar PAI sehingga pembelajaran terjadi secara efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu juga dapat meningkatkan jiwa kreatifitas guru, Akan tetapi setiap aplikasi memiliki dampak positif dan negatif maka perlunya untuk melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap peserta didik untuk memilih konten yang berkualitas sebagai sarana belajar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30