EFEKTIVITAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UINSU

Penulis

  • Maulidah Hasnah Anas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rismahani Manik Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nia Syahfitri Damanik Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Elsi Sumita Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Annisa D A Gultom Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Putri Handayani Rizki Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Mahasiswa, Berwirausaha, Minat Wirausaha

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat mahasiswa dalam kewirausahaan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dan seberapa efektif mata kuliah kewirausahaan di FDK UINSU dalam meningkatkan minat ini. Data primer dan sekunder dikumpulkan dalam penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa FDK UINSU bervariasi. Pelajar terbagi menjadi tiga kelompok: mereka yang sudah berminat berwirausaha dan pernah melakukannya, mereka yang sudah berminat tetapi belum pernah melakukannya, dan mereka yang tidak berminat dan belum pernah melakukannya. Mata kuliah kewirausahaan di FDK UINSU telah terbukti efektif dalam menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha. Ini terlihat pada siswa yang sebelumnya tidak berminat berwirausaha tetapi memiliki jiwa wirausaha setelah belajar, siswa yang sudah berminat berwirausaha tetapi masih menjalankan usaha, dan siswa yang tidak berminat berwirausaha setelah belajar. Akibatnya, penelitian ini menunjukkan bahwa mata kuliah kewirausahaan FDK UINSU memiliki peran penting dalam meningkatkan minat mahasiswa dalam berwirausaha dan mempersiapkan mereka untuk mengembangkan usaha yang sukses.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30